PKB Kubu Muhaimin dan Pengurus NU

Di berbagai tempat saat ini kepengurusan PKB masih menjadi masalah, karena kubu Muhaimin memelintir keputusan MA, yang seharusnya PKB kembali ke Semarang, dan dengan demikian Gus Dur sebagai dewan syuro dan keputusan-keputusan PKB haruslah didasarkan pada hasil muktamar Semarang. Di daerah-daerah, Muhaimin dan Lukman Edi bisa mengangkat pengurus PKB baru, tanpa melibatkan Gus Dur lagi. Wah pancen hebat, iki wis kebablasan. Kata Kang Rozaq, wah paling juga bertahan seumur jagung, tergantung penguasa yang dukungnya.

Sudah memelintir kondisi di lapangan, kubu Muhaimin masih saja membawa-bawa NU struktural untuk mendukung PKB. Kubu Muhaimin mengulang kesalahan-kesalahan partai politik yang tidak mengandalkan grass root, tetapi hanya menyandarkan kepada tokoh dan penguasa, sementara pelibatan pengurus NU dalam dukungan partai politik, termasuk PKB betul-betul mencederai khittah NU.

Lihatlah berita di bawah ini, bagaimana kubu Muhaimin di Jatim mau menarik-narik NU:

NU Seleksi Caleg PKB

Minggu, 27 Juli 2008 | 12:55 WIB

SURABAYA, MINGGU – DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur kubu Muhaimin Iskandar menggandeng Nahdlatul Ulama (NU) untuk menyeleksi calon anggota legislatif. Kebijakan itu untuk kembali melibatkan NU dalam pengembangan PKB.

Ketua DPW PKB Jatim kubu Muhaimin, Imam Nachrawi, mengatakan, kebijakan itu seharusnya dilakukan sejak dulu. Pasalnya, NU melahirkan PKB. “Jadi, yang kami lakukan ini bukan untuk menarik dukungan ulama. Ini kebijakan yang seharusnya dilakukan sejak dulu,” ujarnya di Surabaya, Minggu (27/7).

PKB akan membentuk panitia seleksi caleg dari tingkat DPC atau pengurus kabupaten/kota. Panitia itu harus melibatkan pengurus NU kabupaten/kota sebagai anggota atau ketua. “Kami ingin mengembalikan PKB ke jalur seharusnya,” ujarnya.

Dengan pelibatan itu, PKB berharap bisa dihasilkan caleg yang benar-benar diterima masyarakat. PKB juga berharap kebijakan itu bisa mewujudkan target perolehan suara 35 persen pada pemilu 2009.

Sumber:

http://www.kompas.com/read/xml/2008/07/27/12550833/nu.seleksi.caleg.pkb

Tampaknya, dasar politisi, dulu ketika dia di PKB belum konflik juga sama, meninggalkan NU, giliran dia sedang berkonflik, mau bawa-bawa NU untuk mengesankan perluasan basis dukungan. Ya coba dites saja, besuk pemilu. Apakah PKB Muhaimin mendapat suara signifikan ataukah tidak. Wong masyarakat di bawah itu paham, dan warga NU tahu mereka yang membawa-bawa dan mendekat-dekat ke NU selama hanya memerah NU dan mengeksploitasinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: