Orang Dekat Ali Machsan Tersingkir dari Kepengurusan Baru PW NU Jatim

SURABAYA – Hanya berselang dua minggu setelah konferwil istimewa, Rais Syuriah-Ketua Tanfidz terpilih, KH Miftakhul Akhyar-KH Mutawakkil Alallah, menetapkan struktur anyar kepengurusan PW NU Jatim periode 2008-2013.

Struktur yang tertuang dalam surat PW NU Jatim bernomor 314/PW/A-I/VII/2008 itu sudah dikirimkan ke PB NU untuk mendapatkan persetujuan resmi dari Ketua PB NU Hasyim Muzadi.

Dalam kepengurusan itu, ternyata cukup banyak perombakan. Nama mantan Ketua Dewan Tanfidz Ali Maschan Moesa, misalnya, tidak tercantum di kepengurusan baru itu. Padahal, Ali yang maju sebagai cawagub Partai Golkar itu masih memiliki jaringan di kalangan pengurus cabang.

“Sudah, tim formatur sudah menuntaskan. Sekarang diajukan ke PB NU untuk mendapat pengesahan. Kami berharap kepengurusan ini bisa berjalan dengan baik,” kata Mutawakkil.

Dalam struktur baru, sejumlah nama lama bertahan. Di posisi wakil ketua, misalnya, tujuh nama adalah orang lawas. Tiga nama baru adalah M. Shidiq, Imam Masruchin, dan Fathurrozie.

Perombakan juga terjadi di jajaran sekretaris dan bendahara. Sekretaris lama Achmad Heri terpental dari jajaran kepengurusan. Dia digantikan oleh Masyhudi Muchtar yang sebelumnya ada di posisi wakil ketua. Demikian juga posisi bendahara yang sebelumnya diduduki A. Nadhim Amir ditempati oleh H Rosyidi.

Sementara itu, perubahan menarik terjadi pada jajaran mustasyar. Beberapa ulama sepuh masuk dalam jajaran itu. Mereka, antara lain, KH Abdullah Faqih dan KH Idris Marzuki. (ris)

Pernah dimuat di Jawa Pos, Selasa, 29 Juli 2008, dengan judul Orang Dekat Ali Machsan Tersingkir: Kepengurusan Baru PW NU Jatim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: