M. Adnan dan Ali Maschan Moesa

Berita terbaru dari media massa (SM dan JP 13/7/2008) menyebutkan bahwa Ali Maschan Moesa dipecat dari jabatnnya sebagai ketua tanfidz PWNU Jatim, karena dianggap mengingkari kontrak jam’iyah ketika ia dipilih agar tidak terjun ke politik praktis selagi masih menjabat sebagai ketua PWNU. Sedangkan M Adnan, diangkat kembali sebagai ketua PWNU dalam Konferwil di Brebes.

Kedua-duanya telah memberikan pengalaman bagi organisasi NU di Jateng dan Jatim. M. Adnan, kemarin merasa tidak puas di NU dan harus mendapat jabatan yang lebih, lalu dia mau dicalonkan menjadi cawagub, tetapi akhirnya kalah. Ali Maschan juga sama saja, tidak puas di NU dan maju sebagai cawagub. Kedua-duanya cawagubnya Golkar. Mashcan dianggap mengkhianati kontrak jam’iyah dan syuriyahnya berani tegas, akhirnya dipecat dari PWNU, berbeda dengan M. Adnan yang dipilih lagi. Pelajaran tentang ini, menjelaskan bahwa naluri politik praktis selalu muncul di kalangan elit NU.

Sikap M. Adnan maju di pilwagub kemarin juga memberikan pelajaran bahwa tokoh ini memang memiliki keinginan untuk menekuni di dunia politik praktis. Mungkin saja bayangan untuk 2009 NU akan di bawa-bawa ke politik praktis, oleh peserta konferwil sudah tidak ada, dan karenanya ia dipilih lagi. Tetapi siapa yang bias menjamin pemilu 2009 tidak membuat ketua NU Jateng gonjang-ganjing lagi. Buktinya, ketua tanfidziyah PWNU Jatim yang sudah teken kontrak jam’iyah untuk tidak terjun ke politik praktis, akhirnya terjun juga, ngiler mendapatkan tawaran masuk di politik praktis.

Semoga saja ketua NU Jateng tidak mengulang kasus kemarin dan masih ada sedikit kepedulian elit NU Jateng untuk memikirkan umatnya, memberdayakan masyarakat bawah, daripada sekadar dukung mendukung Cagub yang hanya instant: kalah ngisin-ngisini NU, menang juga tidak membuat NU berwibawa karena dimusuhi oleh kalangan partai-parta berbasis Nahdliyin sendiri, dan yang terpenting hanya menjadikan jabatan di NU sebagai magang untuk menjadi politisi dadakan (a’wan majlis para masyayikh, Gunung Merapi).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: