M. Adnan dan NU Jateng

Dalam pilihan bulan Juni 2008 lalu, M. Adnan (ketua tanfidz PWNU Jateng) ternyata kalah dalam pilgub/pilwagub di Jawa Tengah. KPU Jateng mengumumkan bahwa yang menang adalah golput, lalu diikuti pasangan PDIP (Bibit Waluyo dan Rustriningsih). Bahkan pasangan NU di Jateng semua kalah, baik yang diusung PKB atau PPP.

Khusus tentang M. Adnan harus mendapatkan takhdzir sekeras-kerasnya, karena dia saat itu menjadi ketua PWNU, dan PWNU ditinggalkan untuk meraih jabatan kekuasaan, tanpa mau mengundurkan diri. Sikap seperti ini akan menghancurkan NU kalau diteruskan, karena NU hanya akan menjadi kuda tunggangan untuk meraih kekuasaan, dan NU hanya menjadi tempat magang Pilgub atau Pilbup.

M. Adnan kalah. Kenapa ini terjadi, karena: pertama, masyarakat NU di bawah muak dengan elit-elit NU yang mempolitisasi NU, dan M. Adnan dalam kasus ini hanya mempermainkan jabatan PWNU. Untunglah setelah itu ada Konferwil untuk mengevaluasi ini semua, dan dikabarkan salah seorang kiai di Jateng menangis tersedu-sedu karena perilaku dan kekalahan NU. Kedua, masyarakat bawah NU sudah terkotak ke partai-partai tertentu sehingga pilihannya bukan semua ke NU. Ketiga, Masyarakat bawah NU sudah cerdas, sehingga ia bebas sesuai nuranianya untuk memilih tokoh dalam jabatan politik.

Kasus M. Adnan mengulang kesalahan-kesalahan lalu, yaitu pencalonan KH. Hasyim Muzadi untuk cawapres yang terbukti juga kalah. NU Jateng harus tegas mau menegakkan khittah atau menjadi partai politik. Kalau ingin menjadi partai politik, ikutlah daftar di KPU, tetapi kalau tetap ingin menegakkan khittah, takhdzir-lah sekeras-kerasnya orang yang sudah dipercaya memangku jabatan ketua, malah seenaknya meninggalkan untuk meraih hasrat kekuasaan, tanpa mau mengundurkan diri, tanpa mau aktif di partai. Apakah tokoh-tokoh NU Jateng tidak ada yang berani tegas terhadap tokoh seperti itu? (a’wan majlis para masyayikh)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: