KH. Ahmad Shidiq: Wajib mempertahankan NKRI dan Pancasila

”Mendirikan negara dan membentuk kepemimpinan negara untuk memlihara keluhuran agama dan mengatur kesejahteraan kehidupan duniawi wajib hukumnya.”

”Kesepakatan bangsa Indonesia untuk mendirikan negara Republik Indonesia adalah syah dan mengikat semua pihak, termasuk umat Islam.”

”Hasil dari kesepakatan yang syah itu, yaitu NKRI adalah syah dilihat dari pandangan Islam, sehingga harus dipertahankan dan dilestarikan bentuknya.”

”Jelaslah bahwa negara RI adalah negara nasional yang wilayahnya dihuni oleh penduduk yang sebagian terbesarmemeluk agama Islam. Dengan demikian Republik Indonesia adalah bentuk upaya final seluruh nasion eristimewa kaum muslimin unuk mendirikan negara di wilyah nusantara.” (KH, Ahmad Shidiq, dalam Suntingan Pokok-pokok Pikiran KH. Ahmad Shidiq pada Komisi I -Masail Fiqhiyah- di Muktamar NU XXVII, 11 Desember 1984).

Jadi, ini betul-betul sumbangan nasionalisme dari KH. Ahmad Shidiq.Merah putih dan Pancasila sudah dianggap final, tidak bisa diotak-atik. Hanya tafsirnya yang harus berkembang. Lha sekarang ini, malah banyak kiai NU sudah tidak merah putih lagi, sudah terkenal virus neo-wahhabi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: